Review: Mata Kuliah di Semester 3

Anas Ardi
6 min readDec 4, 2022

--

Halo!

Pada tulisan ini, gua mau mengulas mata kuliah yang berada di semester 3. Sebenarnya, gua menulis ini nggak dimotivasi apa-apa sih. Gua lebih mau menjadikan ini sebagai arsip cerita aja sih sehingga di lain waktu kalau gua lupa bisa baca di sini.

Here we go!

Disclaimer

Pada ulasan ini, gua akan sangat bias dan sangat subjektif. Gua akan membahas baik dan buruk dari segala yang ada di mata kuliahnya. Akan tetapi, gua berusaha untuk nggak menyebut hal-hal yang bukan konsumsi publik sehingga mudah-mudahan tulisan ini harmless bagi siapapun.

Oke, jadi pada semester 3 ini gua mengambil 8 mata kuliah dengan 20 sks. Harusnya, gua mengambil 22 sks dengan 9 mata kuliah, tapi apa daya karena IP saya gradien negatif, jadinya ngga bisa HAHAHA. Berikut mata kuliah yang gua ambil, ini semua mata kuliah wajib yaa~

  1. PL2101 — Lingkungan Sumber Daya Alam (LSDA) — 3sks
  2. PL2102 — Pola Lokasi dan Struktur Ruang (PLSR) — 3 sks
  3. PL2103 — Pengantar Data Spasial (PDS) — 3 sks
  4. PL2104 — Aspek Kependudukan dalam Perencanaan (Asduk) — 2sks
  5. PL2105 — Metoda Analisis Perencanaan I (MAP I) — 3 sks
  6. PL2151 — Pengantar Ekonomi (PE) — 2 sks
  7. GL2001 — Pengantar Geologi Tata Lingkungan (PGTL) — 2 sks
  8. KU2071 — Pancasila dan Kewarganegaraan (KWN) — 2 sks

Di atas ini merupakan mata kuliah yang gua ambil, mata kuliah yang nggak gua ambil adalah Agama Islam dan Etika HAHAHA.

Kenapa ya gua nggak mengambil agama duluan yaa? Hmm.. mungkin alasannya karena gua mikir kalau KWN diambil terakhir pasti lebih mager nggak sie? Agama mah mau kapan aja juga tetap semangat :D
Ditambah lagi, lebih banyak teman yang ambil KWN duluan, jadi ikutan ngambil deh. Oh, mungkin satu lagi, KWN itu ada tubesnya! Kalau diambilnya nanti, takut malah keos studio *widih

PL2101 — Lingkungan Sumber Daya Alam (LSDA) — 3sks

Sangat seru (gua bilang gini karena indeksnya bagus :D). Menurut gua, materi di mata kuliah ini banyak banget dan isinya padat. Secara singkat, matkul ini membahas hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan beserta isinya. Mulai dari sumber daya alamnya, cara menjaganya, penyebab kerusakannya, dan cara mengatasinya. Matkul ini juga mengajarkan Amdal dan KLHS juga secara mendasar, kata dosennya ini merupakan salah satu materi penting yang sering digunakan ketika perencanaan nanti. Gua juga belajar banyak mengenai analisis daya dukung lahan yang ternyata super kompleks untuk penerapannya.

Pokok Bahasan tentang KLHS dan Amdal
Materi tentang Analisis Daya Dukung Lahan (DDL)

Untuk sistem pembelajarannya itu kita mendengarkan dosennya menjelaskan. Beberapa kali, dosennya bertanya kepada kita untuk mengetahui pendapat dan pengetahuan kita tentang materi yang sudah dijelaskan, apakah sudah paham atau belum. Tugas-tugas yang diberikan nggak terlalu banyak dan nggak memberatkan. UTS dan UAS boleh membuka buku (open book), tapi percayalah kalau dikira akan lebih mudah, jawabannya adalah nggak ☹. Walaupun open book, soalnya banyak banget dan jawabannya juga panjang. Jadi, kalau mencari jawaban langsung di PPT itu terlalu lama dan menghabiskan waktu banyak. Buka PPT jatuhnya jadi memastikan jawaban sudah benar atau belum aja sih.

Kemarin, UTS-nya menggunakan komputer dan bentuknya pilihan ganda lewat Microsoft Forms gitu, kira-kira ada sekitar 50 soal. Awalnya agak, hmm banyak juga yah, tapi setelah mengerjakan beberapa soal. Eh, ternyata soalnya banyak yang mirip sama tahun lalu *-* (bahkan ada yang sama). Kemudian, ketika UAS, menggunakan kertas. Pegel euy *lebay, Padahal soalnya cuma 4, tapi ya gitu, soalnya beranak.

Lihat soalnya sangat banyak 😔

Nah, yang paling seru dari mata kuliah ini adalah ketika di bulan November. Gua sama teman-teman juga berkesempatan untuk mengikuti kuliah lapangan YUHUWW. Kita pergi ke Kebun Raya Nasional yang ada di Kuningan. Seru banget! Ternyata, walaupun jaraknya cuma sekian km dari Cirebon, wilayah Kuningan itu udah dingin cuacanya, berangin dan mendung terus gitu (mungkin karena udah di kaki Gunung Ciremai kali yaa). Kuliah Lapangan ini gabungan dari kegiatan dua mata kuliah; LSDA dan PDS. Mungkin, nanti gua bakal ceritain kuliah lapangan di postingan lain kali yaa~

Yaa, akhir dari bagian ini, mata kuliah LSDA seru dan bagus untuk diseriusin. Cocok sekali bagi teman-teman yang punya keterkaitan dengan lingkungan.

PL2102 — Pola Lokasi dan Struktur Ruang (PLSR) — 3 sks

Wow, mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang sangat abstrak HAHA. Gua kurang tau kenapa bisa sangat abstrak, tapi ketika belajar materinya itu nggak langsung paham. Ya, mungkin ada beberapa faktor penyebabnya sih. Hal yang paling membuat abstrak adalah karena materinya itu sangat asing dan baru bagi gua. Akan tetapi, mata kuliah ini seru, banyak memberi insight baru, dan membangkitkan semangat menjadi perencana ahay :D

Salah satu materi dari Modul Sistem Perkotaan: Distribusi Ukuran Kota

Secara singkat, mata kuliah mengajarkan kita bagaimana sebuah daerah dapat terbentuk. Ada yang berkumpul (anglomerasi) dan menyendiri. Di PLSR, gua banyak banget dapat pemahaman bahwa berkembangnya sebuah daerah itu bisa disebabkan oleh banyak hal (jadi bukan karena pemerintahnya payah aja), bisa jadi karena faktor jumlah penduduknya, lokasi daerahnya, letak kestrategisannya, banyak atau tidak sumber dayanya, dan hubungan antar daerah di sebelahnya. Ya, gitu deh, mata kuliahnya sangat membuka wawasan dasar tentang perwilayahan khususnya di pola keruangan.

Mata kuliah ini memenuhi 3 sks, tetapi nggak berat-berat amat ah. Bahkan, sering banget selesai sebelum habis waktunya. Sistem pembelajarannya hampir mirip dengan LSDA yaitu mendengarkan dosennya menjelaskan. Kemudian, dosennya bertanya dan kadang-kadang mengajak diskusi juga. Walaupun materinya abstrak (menurut gua), tapi materinya sedikit kok (?) dibandingkan dengan mata kuliah lainnya (tapi, jangan menyepelekan juga yah :D)

Untuk sistem ujiannya, UTS dan UAS itu sistemnya sama. Kita mengerjakan soal, hmm soalnya ya cuma 4–5 aja sih, tetapi jawabannya bisa 1 folio (4 halaman) full T_T. Jiakh, selain mikir, tangan juga menjadi pegal sekali HAHA. Nah, di PLSR ini, kita boleh menggunakan cheatsheet aka contekan halal *enaknyaa yang memiliki ketentuan 1 lembar HVS (A4 ya bukan F4) harus ditulis tangan (nggak boleh diketik) dan di akhir ujian itu harus dikumpulkan. Bentukan soal UTS dan UAS-nya itu kita diminta memberikan jawaban dari contoh kasus yang diberikan. Nanti, kita jawab menggunakan teori-teori sama pendekatan yang udah dipelajarin beserta argumen dan alasan dari kalian.

Lihatlah cheatsheet-ku yang sangat awikwok ini. Kenapa ngga ditulis sampai full? karena saya sudah pasrah pas belajarnya, kayak yaudahlah T__T
Di setiap sub-soal ada bobot nilainya, jadi lebih enak untuk pengalokasian untuk menjawabnya :D

Di PLSR juga ada praktikumnya, ada dua pertemuan yang belajarnya di labscan karena harus menggunakan komputer. Sedikit review tentang praktikumnya, kita menggunakan aplikasi bernama GeoDa, jujur aplikasinya sangat garing HAHAHA (gua pas pakai aplikasinya kayak “apaan nih maksudnya”), pokoknya ikutin aja praktikumnya dengan seksama karena kalau ketinggalan agak brabe yah kawan-kawan.

Suasana praktikum di labscan

PLSR juga ada tugas besarnya (oh, jangan-jangan penyebab 3 sks itu karena ada tubes dan praktikumnya yah). Kita diminta untuk mengamati sebuah wilayah berdasarkan berbagai teori dan pendekatan yang telah dipelajari. Kelompok gua kebagian materi Pendekatan Lain (Perilaku, Struktural, Institusional, dan Evolusioner). Secara ringkas sih, tugasnya itu membandingkan kondisi faktual dan aktual. Kira-kira benar nggak nih apa yang dikatakan sama teori atau malah sebaliknya. Kita melakukan survei ke BT Batik Trusmi untuk membuktikan, apakah benar sentra batik di Kab. Cirebon itu berkumpul (anglomerasi) di satu tempat aja atau tidak.

Survei ke BT Batik Trusmi

Yah, kira-kira begitu deh PLSR. Materinya abstrak, tetapi sangat membuka wawasan. Sayangnya, indeks gua nggak sesuai harapan #sad. Padahal gua merasa maksimal pas ngerjakan semua tugas, ujian, praktikum juga. Cuma yaudahlah yaa, mau gimana lagi kan.. :D

PL2103 — Pengantar Data Spasial (PDS) — 3 sks

Mata kuliah favorit aing *wuidih.

PL2104 — Aspek Kependudukan dalam Perencanaan (Asduk) — 2sks

PL2105 — Metoda Analisis Perencanaan I (MAP I) — 3 sks

PL2151 — Pengantar Ekonomi (PE) — 2 sks

GL2001 — Pengantar Geologi Tata Lingkungan (PGTL) — 2 sks

KU2071 — Pancasila dan Kewarganegaraan (KWN) — 2 sks

--

--